Paris


Photo by Mustafa Seven http://www.mustafaseven.com

Kalian pasti tau yang namanya Paris, kan? Kota yang identik dengan keromantisannya, parfum, mode, kuliner dan monumen-monumen yang rasanya kalo mata memandang, sudah nggak mau berkedip deh hehehe…

Jalan-jalan ke Paris itu juga pasti identik dengan mahal. Bayarnya saja pake Euro, sudah berapa Rupiah tuh 1 euro? Tapi, kalo kita tau rahasianya, dijamin deh kalian bisa ke Paris dengan budget minimum.
Asal kalian punya sedikit jiwa petualangan, nggak takut kalo bertanya ama orang, nggak malu kalo diketawain karena kalian imut banget kalo bicara bahasa asing (barangkali juga dia ngetawain caranya menjelaskan ke kalian yang amburadul haha… we never know guys)

Paris adalah salah satu kota pariwisata yang digemari di Eropa, mungkin kalian nggak pernah nyangka kalo di Paris itu juga banyak copet. Ah masak sih bule nyopet??? kok kayaknya nggak mungkin?? Emangnya bule bukan manusia? Biasanya anak-anak di bawah umur yang diajarin nyopet, karena kalo ketangkep polisi, mereka cuma didata dan kemudian dilepaskan lagi. Aneh emang, trus mereka nyopet lagi. Gimana sih polisi ini, aku juga nggak ngerti sampe sekarang kenapa begitu.

Restaurant-restauran di Parispun sering menipu turis-turis dari luar negri. Sering masuk di liputan khusus Perancis, gimana mereka menipu para turis itu. Kalo mereka pesen champagne, yang disuguhkan vin mousseux alias minuman anggur yang berbusa. Mirippppp banget ama champagne cuma rasanya aja yang beda. Minuman anggur yang pichet dijual mahal banget padahal belinya murah sekali. Kalo turis pesen kopi, mereka kasih kopi yang gelas besar karena harga jauh lebih mahal, beda dengan pesanan orang lokal.

Di website di bawah ini dijelaskan penipuan-penipuan yang dilakukan di Paris.
http://www.cityzeum.com/ar/arnaques-et-pieges-a-touristes-a-paris

Jurus cincin emas :
Sederhana sekali caranya. Orang itu pura-pura menemukan cincin emas di samping anda. Kemudian orang itu menawarkan pada anda dan meminta sedikit kompensasi, padahal cincin tersebut tidak berharga sama sekali. Cobalah kalian amati selama setengah jam di Place de l’Etoile, pasti ada 2 ato 3 orang yang akan menawarkan pada kalian cincin emas tersebut.
Kerugian: beberapa euro, dan tentu saja itu bukan hari keberuntungan kalian 😉

Daerah Saint Michel :
Di daerah ini semua ada, mulai dari souvenir, toko-toko yang menjual barang-barang yang tidak dibutuhkan yang bertuliskan « Paris » dengan kualitas yang buruk, restaurant-restaurant dan pubs-pubs dimana kita akan membelanjakan uang kita tanpa batas. Jika kalian ingin tau lebih banyak tentang penipuan turis di Paris, kalian bisa ke rue de la Huchette, di sanalah gudangnya.
Kerugian: berton-ton souvenir, sandiwich yang nggak fresh, merasakan menjadi sapi perah 😀

Copet di Metro :
Tentu saja pencopet di metro nggak memandang bulu, bulu turis kek, bulu orang lokal kek, pokoknya smua bulu mereka mau. Tapi orang-orang Paris yang sudah tau pasti akan lebih berhati-hati. Pokoknya, jangan nyolok banget ngliatin hp, tabs, laptop dan dompet kalian, apalagi kalo orangnya berjubel, nggak akan terasa deh kalo kalian dicopet. Ada juga yang terang-terangan, mereka akan langsung merampas hp kalian disaat pintu metro yang akan ditutup berbunyi. Nggak bakalan kalian bisa mengejar mereka karena pintu sudah tertutup.
Kerugian: terpaksa beli hp baru

Restauran-restauran di La Place du Tertre :
Kalian pasti ingin merasakan duduk di salah satu restauran di Paris, walaupun harga makanan yang relatif mahal dengan rasa masakan yang hambar seperti di kantin sekolah (dulu di kantin sekolahku di Surabaya enak eh masakannya :p) diiringi dengan lantunan musik para pengamen selama kalian makan (mirip di Jogja deh. Tapi nggak sebanding deh harga masakan dan rasanya.
Kerugian : sekitar 20-25 euro

Harga minuman yang bervariasi di café-café :
Minum di teras café di daerah turis di Paris pasti sesuatu deh, tapi tentu saja sangat mahal. Apalagi pelayannya akan menyodorkan harga turis (inget-inget di Bali aja, ada harga lokal dan harga turis, hahaha). Prinsipnya, supaya kita membayar banyak dengan menambahkan suplemen-suplemen yang nggak perlu, misal tambahan susu dalam kopi, pesen bir dikasih 1 liter padahal bisa mesen cuma segelas. Pokoknya kalo mau pesen jelaskan apa yang kalian mau deh, Tapi kadang mereka juga pura-pura nggak ngerti dan nggak mau tau, apalagi mereka tau, kita orang Asia sangat sungkan untuk ribut
Kerugian : harga secangkir kopi yang bisa semahal harga makan siang

Gelang keberuntungan :
Sangat banyak macam-macam penipuan di Paris. Di Sacré Coeur misalnya, hati-hati dengan tangan kalian, seorang penjual akan menaruh gelang di tangan kalian dan berbasa basi untuk make a wish, tapi akhirnya susah sekali untuk melepaskan gelang tersebut dan terpaksa deh kalian membelinya.
Kerugian : sekitar 10 euro, wish not come true dan bukti bahwa kalian itu sangat naif :p

Menara Eiffel :
Tentu saja menara Eiffel menjadi salah satu tujuan kalian, simbol kota Paris. Di sini kalo kalian ingin naik ke puncak, kalian harus antri berjam-jam (kecuali kalo kalian pergi dengan tour) bahkan bisa-bisa kalian seharian tuh ngantrinya.
Kerugian : 14 euro untuk naik ke puncak dan waktu banyak terbuang untuk ngantri.

Permainan tebak-tebakan :
Permainan lawas dengan 3 gelas di atas sebuah karton, kalian akan disuruh menebak di mana koin setelah gelas diputar-putar. Biasanya komplotan mereka akan pura-pura ikut main dan menang, yang membuat kita ingin ikutan main juga. Tapi tentu saja kita nggak bakalan bisa menang.
Kerugian : 20 euro, atau lebih kalo kalian memang mudah dibohongi

Tiket Metro murah :
Biasanya banyak dijumpai di stasiun-stasiun di Paris. Kalian liat antrian begitu banyak di depan loket dan tiba-tiba seorang calo menawarkan tiket metro « Tarif Reduit ». Tiket metro Tarif Reduit itu harganya dari murah sampe gratis karena ditujukan untuk anak-anak dan keluarga besar, grup anak-anak sekolah di bawah 16 tahun, tentara, orang tua di atas 60 tahun dan keluarga tak mampu.
Jadi kalo kalian beli tiket tersebut, kalo ada petugas pastilah kalian bayar denda.
Kerugian : harga tiket metro normal. kalo lagi apes dan diperiksa petugas, kalian didenda 33 euro dan 30 euro untuk uang formulir

Kereta kecil di Montmartre :
Dengan kereta ini, kita bisa ke Montmartre tanpa jalan kaki dan bisa melihat pemandangan. Menurut saya sih ini bukan penipuan.
Kerugian : harga kereta 6 euro

Nah… begitulah sepintas tentang salah satu sisi kota Paris. Tentang info berikutnya, akan saya update secepatnya.