Restaurant

Bagi kalian, kalo nggak makan nasi artinya belom makan kannnn???? Hayooo ngaku ajaahh….itu sudah ciri khas orang Indonesah lohh 😉 Saya aja 18th tinggal di Perancis tiap hari kudu makan nasi, cuman sarapan ajah yang agak susah nelen nasi. Beda ama anak sulung saya yang pagi-pagipun bisa sarapan nasi ama sambel goreng tempe. Oiii…yang bule siapa yang Indonesia siapa sihhhh.

Berbeda dengan sistem restauran di Indonesia, di Perancis ini, restauran buka untuk makan siang mulai dari pk 12.00 – 15.00 dan untuk makan malam mulai dari pk 18.30 – 23.00. Jika kalian mau minum air ledeng biasa, kalian tidak akan membayar harga air tersebut, karena di Perancis, air ledeng disajikan dengan cuma-cuma. Biarpun kalian tidak makan di restauran itu, tapi kalian cuma meminta minum, asal kalian tidak duduk, maka restauran tidak dapat menolak permintaan kalian. Untuk memintanya cukup kalian katakan : je peux avoir une carafe d’eau, s’il vous plaît) Baca : je pe avoar un karaf do, sil vu ple dengan sedikit senyum yang ramah, maka pelayanpun akan menyediakan untuk kalian. Tips tidak diharuskan.

Nahh, di Paris ini ada Chinatown yang terletak di 13ème arr (distrik ke 13). Banyaaaakkkkk banget restauran-restauran asia di sana, tapi tentu saja rasanya nggak berapa sama dengan restauran china yang ada di Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa restauran Indonesia, yaitu :

1. Restaurant Djakarta Bali
9 rue Vauviller, 75001 Paris
Tel. 01 45 08 83 11
Buka 12.00 – 14.00 ; 19.00 – 23.00

Restauran ini didesain sedemikian rupa sehingga kalian akan merasa berada di negara sendiri. Makanan yang disajikanpun bermacam-macam, mulai asinan jakarta sampai pepes ikan. Kalian dapat memilih à la carte atau menu. Harga mulai dari 10€ – 22€ untuk à la carte dan untuk menu, harga mulai dari 14.50€ – 55€. Tak ketinggalan brunch seharga 25€
Untuk keterangan selengkapnya, silahkan kunjungi : http://www.djakarta-bali.com/

2. Restaurant Indonesia
12 rue Vaugirard, 75006 Paris
Tel. 01 73 20 21 63
Buka 12.00 – 14.30 ; 19.00 – 22.30

Restauran ini terkesan ramah dan bersahabat. Sama seperti restauran Indonesia yang lain, di sini kalian dapat menjumpai rujak buah, lalapan sayur sunda sampai dengan rendang padang. Pokoknya dari sabang sampai merauke deh. Harga mulai dari 8€ – 34.50€ untuk à la carte, sedang untuk menu, harga dimulai dari 15€ – 29.50€
Untuk keterangan selengkapnya, silahkan kunjungi : http://www.indonesiaparis.fr/

3. d’jawa
148 Rue Montmartre, 75002 Paris
Tel. 09 83 29 17 67
Buka 12.00 – 15.00 ; 18.30 – 22.00

Berbeda dengan restauran-restauran Indonesia yang lain, yang menyajikan dekorasi negri, rumah makan yang didisain modern dengan monyet yang bergelantungan ini sangat dinamik dan segar dipandang mata. Kalian dapat makan di tempat ataupun bungkus.
Harga 1 box 8.5€ (ukuran besar +1€)

4. Mamabali
8 Rue Guillaume Bertrand, 75011 Paris
Tel. 01 43 14 71 50
Buka 12.00 – 15.00 ; 18.30 – 22.00

Restauran ini khusus menyajikan masakan bali à la carte dari 7€ sampai 8.50€ dan menu mulai dari 12.50€ – 14.50€. Menu yang disajikan tidak terlalu banyak dibandingkan dengan restauran-restauran yang di atas. Tetapi di restauran ini kalian bisa rilex dan menikmati spa àla Bali dengan harga mulai 30€

Untuk keterangan selengkapnya, silahkan kunjungi : http://mamabali-spa.com/en/balinese-restaurant-mamabali-paris-balinese-cuisine-served-for-lunch-and-dinner-eat-in-or-take-away/

Di samping restauran yang saya sarankan di atas, kalo kalian datang dengan budget yang terbatas, tips untuk ngirit makan yaitu makan di fastfood seperti Mc. Donald’s, KFC, Quick (sejenis Mc D) ataupun, kalian dapat membeli roti tawar ataupun roti pentung di minimarket untuk membuat sandwich. Dalamnya bisa kalian isi dengan keju kotak dan ham. Di sini kalian dapat membeli ham babi (porc), ham ayam (poulet)ataupun ham kalkun (dinde) ataupun dengan bermacam-macam isi sesuai selera.

Keju kotak


Ham kalkun

Di atas adalah contoh salah satu keju kotak dan ham. Kalian dapat menemukan bermacam-macam merk yang harganya bervariasi. Makan yuksss…